Pengobatan Sinusitis

Diagnosis penyakit sinusitis di tegakkan berdasarkan gejala-gejala yang muncul, rontgent sinus, dan hasil pemeriksaan fisik.


Untuk menentukan luas dan beratnya sinusitis, bisa dilakukan pemeriksaan CT-Scan. Pada sinusitis silaris dapat dilakukan pemeriksaan rontgent gii untuk mengetahui adanya abses gigi.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada sinusitis tergantung dari parahnya sinus tersebut.

Sinusitis Akut

Untuk sinusitis akut biasanya diberikan :
  • Dekongestan untuk mengurangi penyumbatan
  • Antiotik untuk mengendalikan infeksi bakteri
  • Obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri
Dekongestan dalam bentuk tetes hidung atau obat semprot hidung hanya boleh dipakai selama waktu yang terbatas karena pemakaian dalam kurun waktu yang panjang bisa menyebabkan penyumbatan dan pembengkakan pada saluran hidung. Untuk mengurangi penyumbatan, pembengkakan dan peradangan  bisa diberikan obat semprot hidung yang mengandung steroid.

Sinusitis Kronis

Untuk mengatasi sinusitis kronis maka akan diberikan antibiotik dan dekongestan. Untuk mengurangi peradangan biasanya diberikan obat semprot hidung yang mengandung steroid. Jika sinusitis tergolong berat, maka akan diberikan steroid per-oral.

Hal-hal berikut dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat sinusitis :
  • Menghirup uap dari sebuah vaporizer atau semangkuk air panas.
  • Obat semprot hidung yang mengandung larutan garam
  • Kompres hangat didaerah sinus yang terkena
Jika tidak dapat diatasi dengan pengobatan tersebut, maka satu-satunya jalan untuk mengobati sinusitis kronis adalah melalui pembedahan. Teknik pembedahan yang sekarang ini banyak dilakukan adalah pembedahan sinys endoskopik fungsional.

Pada anak-anak, keadaannya sering kali membaik setelah dilakukan pengangkatan adenoid yang menyumbat saluran sinus ke hidung. Pada penderita dewasa yang juga memiloiki alergi kadang ditemukan polip pada hidungnya. Polip tersebut sebaiknya diangkat sehingga saluran udara terbuka dan gejala sinus berkurang.

0 Response to "Pengobatan Sinusitis"

Posting Komentar