Penyakit Sinusitis Hidung

Sinusitis adalah inflamasi sinus, istilah yang hanya digunakan untuk sinus pranasal. Penyakit ini dapat akut atau kronik.

Penyakit Sinusitis Hidung

Sinusitis akut seringkali merupakan sekuela infeksi saluran napas atas, misalnya demam salsema (common cold), tetapi juga dapat terjadi akibat masalah gigi. Sinusitis kronik dapat terjadi akibat ventilasi sinus yang kurang memadai akibat obstruksi hidung, atau timbul setelah sinusitis akut.

Sinusitis dapat diatasi secara konservatif, misalnya dengan pemberian antibiotik, dekongestan okal, dan kortikosteroid. Jika upaya konservatif gagal, tersedia sejumlah prosedur beda (misalnya pembilasan sinus, pembedahan septum).

Penyakit ini adalah penyakit peradangan rongga hidung yang mengganggu atau menghambat aliran udara ke dalam rongga hidung atau keluarnya mukus (cairan) hidung keluar dari hidung. Misalnya mengerasnya ingus yang keluar dari hidung, obat antohistamin, penyakit tertentu, atau kurangnya kelembaban udara.

Adanya hambatan dalam rongga hidung ini menyebabkan mukus hidung (ingus) tidak bisa keluar dari hidung. Mukus yang berkumpul merupakan lahan yang subur untuk pertumbuhan bakteri. Akibatnya timbullah peradangan.  Sinusitis dapat diatasi dengan pemberian antibiotik oleh dokter. Pencegahan dilakukan dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan sinusitis.

0 Response to "Penyakit Sinusitis Hidung"

Posting Komentar