Cara Mengobati Penyakit Sinusitis

Cara Mengobati Penyakit Sinusitis – Penyakit sinusitis adalah penyakit radang yang terjadi dibagian sinus. Sinus merupakan salah satu rongga udara yang letaknya berada didaerah wajah, dan letaknya berada dibalik tulang wajah yang terhubung dengan hidung kita disaat penyakit sinusitis terjadi, maka rongga yang normal terisi dengan udara serta lendir yang sedikit akan mengalami peradangan.

Cara Mengobati Penyakit Sinusitis 

Pada akhirnya lapisan dari mukosanya semakin menebal dan membengkak, dan akan memproduksi banyak lendir atau ingus. Dan yang berbeda dari ingus biasa saat kita sedang pilek adalah ingus atau lendir ini tidak keluar dengan lancar, dan produksi lebih besar dibandingkan pengeluarannya, sehingga menyebabkan ingus tadi terperangkap didalamnya sebagai medis yang tepat untuk proses pertumbuhan bakteri, dan pada akhirnya memunculkan berbagai macam gejala sinusitis.

Cara Mengobati Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis sendiri terjadi dalam beberapa fase, dari mulai gejala yang ringan sampai gejala yang parah. Dibawah ini merupakan fase dari penyakit sinusitis adalah :

  1. Penderita sinusitis biasanya akan mengalami sakit flu yang tiddak sembuh-sembuh walapun ia sudah melakukan berbagai macam penyembuhan.
  2. Dan setelah mengalami sakit flu yang tidak sembuh-sembuh, kemudian akan muncul benjolan di rongga hidung pada bagian dalam.
  3. Sakit flu lama kelamaan akan semakin parah jika benjolan sudah muncul yang biasanya ditandai dengan warna ingus yang agak kehijauan.
  4. Jika penyakis sinusitis lama kelamaan semakin parah, maka ingus biasanya juga disertai dengan bercak darah yang asalnya dari benjolan yang tumbuh.
Penyakit sinusitis adalah penyakit yang berbahaya, terlebih jika menyerang usia anak-anak. Penyakit sinusitis dapat diatasi dengan melakukan pengobatan alami. cara mengobati penyakit sinusitis dengan menggunakan bahan-bahan alami lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Dibawah ini adalah cara mengobati penyakit sinusitis secara alami adalah :

  1. Lidah buaya
    Cara mengobati penyakit sinusitis dengan menggunakan lidah buaya karena adanya kandungan antiseptik didalamnya. Dan penggunaan dari lidah buaya untuk dijadikan sebagai obat sinusitis alami adalah hanya cukup meneteskan cairan dari lendir lidah buaya ke hidung. Supaya hasilnya lebih maksimal, maka lidah buaya bisa Anda konsumsi dengan teratur.
  2. Daun sambiloto
    Cara mengobati penyakit sinusitis dengan menggunakan daun sambiloto. Karena daun sambiloto ini mengandung senyawa baik didalamnya yang sangat baik mengatasi sinusitis. Dan cara pembuatannya adalah minumlah air rebusan dari daun sambiloto kering dengan rutin, atau untuk menggunakannya sebagai pengobatan luar, maka Anda bisa menumbuknya hingga halus, setelah itu air tumbukan dari sambiloto tadi di teteskan pada hidung dengan langsung.
  3. Gurah
    Cara mengobati penyakit sinusitis dengan menggunakan gurah adalah sebagai salah satu alternatif alami dengan mengeluarkan cairan yang terdapat didalam hidung. Lakukanlah cara ini dengan teratur dan pada kurun waktu tertentu untuk bisa mengobati penyakit sinusitis.
  4. Minyak kayu putih
    Cara mengobati penyakit sinusitis dengan tradisional adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Bagaimana caranya, siapkanlah air panas di dalam mangkuk, kemudian di teteskan minyak kayu putih ke dalamnya, dan setelah itu uapnya kemudian Anda hirup dengan kencang sampai masuk ke dalam hidung dan terasa. Hal ini akan sangat baik dalam mengatasi hidung tersumbat dan sakit flu. Kemudian cara selanjutnya adalah usapkanlah langsung minyak kayu putih dibagian pelipis, dahhi, dan pipi atau juga dekat pada hidung. Setelah itu dibiarkan sampai Anda menghirup aroma segarnya.

Cara mengobati penyakit sinusitis dengan kimiawi adalah :

  1. Operasi pengangkatan
    Operasi pengangkatan sinusitis ini merupakan cara mengobati sinusitis yang dilakukan dengan jalan pengangkatan dibagian yang mengalami benjolan pada rongga hidung bagian dalam.
  2. Antibiotik
    Antibiotik yang harus Anda minum sesuai dengan anjuran dokter. Dan cara kerja dari antibiotik ini adalah sebagai anti infeksi.
  3. Dekongestan
    Minumlah obat dekongestan dengan rutin dan teratur sesuai dengan anjuran dokter. Fungsi dari obat ini bisa membantu meredakan hidung yang mengalami sumbatan.
  4. Pereda nyeri
    Obat pereda nyeri ini tidak untuk menyembuhkan sinusitis namun kegunaannya akan membantu meredakan nyeri yang muncul akibat sinusitis.
Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter adalah jika kondisi sinusitis tidak membaik setelah Anda mengonsumsi obat-obatan alami diatas, dan kondisi semakin memburuk atau kambuh lagi, maka sebaiknya temuilah dokter Anda. Dokter yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan adalah dokter spesialis telinga, hidung serta tenggorokan. Dokter spesialis ini bisa membantu Anda untuk menjalani serangkaian tes untuk bisa mengetahui apa penyebab dari penyakit sinusitis yang Anda alami. penyakit sinusitis kronis biasanya terjadi dalam waktu beberapa bulan. selain itu, obat antihistamin juga sangat dianjurkan jika penyebab dari sinusitis adalah karena penyakit alergi. Obat inipun juga sangat baik untuk dijadikan sebagai obat untuk menghentikan gejala penyakit alergi.
Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan bervitamin adalah hal yang sangat penting. Bukan hanya mencegah penyakit sinusitis saja, namun kegunaannya juga sangat baik dalam membantu meningkatkan pertahanan imun didalam tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit atau virus dari luar.
Informasi Lainnya :  Obat Penurun Berat Badan

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Sinusitis"

Posting Komentar