Cara Mengatasi Penyakit Sinusitis

Cara Mengatasi Penyakit Sinusitis – Penyakit sinusitis adalah infeksi atau suatu peradangan yang terjadi dibagian jaringan yang melapisi sinus.

Cara Mengatasi Penyakit Sinusitis

Sinus adalah suatu rongga yang letaknya berada didalam tulang wajah yang disekitar hidung, sehingga dikenal dengan sinus paranasalis atau nasal = hidung. Untuk kondisi normal, sinus yang berisi udara. Untuk penyakit sinusitis, sinus mengalami sumbatan yang muncul akibat adanya peradangan, sehingga udara serta lendir bisa terperangkap didalamnya, dan menimbulkan tekanan yang terjadi di dinding sinus.

Penyakit sinusitis secara khusus yang melibatkan 4 sinus paranasalis yakni adalah :

  1. Sinus frontalis yang terjadi didaerah sekitar area alis
  2. Sinus maksilaris yang terjadi dibagian tulang pipi bagian dalam
  3. Sinus etmoidalis yang terjadi di belakang jembatan hidung, diantara kedua mata.
  4. Sinus sfenodialis yang terjadi dibagian atas hidung, dan dibelakang mata.
Gejala yang terjadi pada penyakit sinusitis adalah gejala hidung meler atau juga hidung tersumbat yang tidak melulu pertanda dari penyakit sinusitis. Dan diduga kemungkinan penyakit sinusitis yang disertai dengan ggejala ini berlangsung selama lebih dari seminggu serta disertai dengan adanya gejala lain seperti :
  1. Lendir di hidung kental serta warnanya kuning agak kehijauan.
  2. Nyeri dibagian wajah atau juga nyeri sinus yang semakin memburuk jika Anda membungkuk dan mengedan.
  3. Hidung menjadi meler yang disertai dengan batuk serta nyeri pada tenggorokan.
  4. Nyeri gigi
  5. Sakit kepala
  6. Mengalami demam

Penyebab dari penyakit sinusitis adalah :

  1. Infeksi bakteri yang terjadi sebagai suatu komplikasi dari infeksi virus
  2. Mengalami alergi.
Selain itu, komplikasi yang dapat terjadi adalah  pembentukan nanah di sinus yang mengalaminya, yang pada akhirnya menimbulkan nyeri serta hidung menjadi meler.

Dibawah ini merupakan cara mengatasi penyakit sinusitis adalah :

  1. Minumlah banyak cairan supaya membantu utnuk mengencerkan lendir.
  2. Jika Anda adalah seorang perokok, maka mulailah dari sekarang berhenti merokok. Rokok berpotensi besar menyebabkan lapisan sinus mengalami iritasi sehingga mengakibatkan sinus menjadi meradang.
  3. Sebaiknya hindarilah minuman yang mengandung alkohol, karena dapat mengakibatkan terjadinya pembengkakan dibagian sinus.
  4. Menghirup uap panas untuk membantu menenangkan rongga sinus yang meradang.
  5. Kompreslah dahi dan daerah yang meradang dengan menggunakan botol yang berisi dengan air hangat, kompres menggunakan air hangat atau basah, dan bantalan pemanas untuk membantu meredakan gejala.
  6. Jika mungkn, melakukan olahraga untuk membantu untuk mengurangi sumbatan yang terjadi karena bisa membantu untuk mengeluarkan lendir dari hidung.
  7. Dan jika gejala sinusitisnya menetap dalam waktu lama atau semakin memburuk, maka sebaiknya konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Dokter akan melakukan beberapa hal dibawah ini :

  1. Biasanya cara mengatasi penyakit sinusitis yang dilakukan oleh dokter adalah merekomendasikan dengan melakukan pemeriksaan untuk membantu menentukan penyebab dari sinusitis.
  2. Dan selain itu meresepkan obat, misalnya adalah dengan menggunakan pelega hidung, antibiotik, dan pereda nyeri, obat antihistamin.
  3. Membicarakan mengenai kemungkinan pembedahan di bagian sinus yang diserang dan tidak bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan jika bentuknya adalah polip nasal.
Tips pencegahan yang dilakukan untuk penyakit sinusitis adalah :
  1. Mencuci tangan untuk bisa membantu menghindari flu yang terjadi
  2. Sebaiknya jangan merokok
  3. Hindarilah udara yang tercemar karena akan mengakibatkan sinus mengalami iritasi.

Dibawah ini adalah cara mengatasi penyakit sinusitis secara alami adalah :

  1. Nanas
    Buah yang satu ini adalah obat untuk membantu cara mengatasi penyakit sinusitis secara alami. buah nanas adalah buah dengan kandungan enzim yang bisa membantu mencerna protein yang dikenal dengan bromelain, dengan sifat anti inflamasi didalamnya. Bromelain yang bisa membantu untuk mengurangi lendir dan juga peradangan sinusitis.
  2. Bawang putih
    Selanjutnya makanan untuk membantu cara mengatasi penyakit sinusitis adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan sinus. Kandungan antibakteri didalamnya serta antijamur alami yang dapat membantu menangkal terjadinya infeksi. Dan bawang putih juga bisa membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan terjadinya infeksi virus.
  3. Cuka apel
    Cuka apel dijadikan obat untuk cara mengatasi penyakit sinusitis yang mengandung potasium didalamnya supaya bisa mengurangi produksi lendir. Dan caranya adalah campurkanlah 1 sendok makan cuka apel dengan secangkir air hangat serta minumlah.
  4. Yoghurt
    kemudian makanan yang baik dalam membantu mengatasi masalah sinusitis adalah yoghurt. Seseorang yang harus mengonsumsi yoghurt untuk membantu mendapatkan lactobaacillus probiotik didalamnya. Probiotik yakni bakteri yang ramah yang bisa membantu tubuh supaya mengurangi kemungkinan untuk mengembangkan alergi yang bisa mengakibatkan atau membuat kondisi sinusitis semakin buruk.
  5. Lobak
    Selanjutnya makanan lain untuk cara mengatasi penyakit sinusitis adalah lobak. Lobak mengandung senyawa alami yang bisa membantu untuk memecah lendir didalam sinus.
  6. Sup ayam
    Sup ayam adalah salah satu makanan yang dapat membantu membersihkan sinus. Sup ayam juga bertindak sebagai antibiotik alami yang sangat baik mencegah terjadinya infeksi.
Itulah informasi mengenai Cara mengatasi penyakit sinusitis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih

Info pengobatan lainnya : Harga Spirulina Plus Tablet

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Sinusitis"

Posting Komentar