Pengobatan Penyakit Sinus

Untuk menghindari penyakit Sinus, orangtua si penderita harus pula menghindari proses infeksi atau radang pada saluran pembuangan lendir.

Pengobatan Penyakit Sinus

Radang ini berasal dari adanya sumbatan pada sekat hidung bengkok dan alergi terhadap suatu zat alergen, misalnya debu rumah yang mengandung sisa-sisa tungau atau udara dingin. Zat-zat alergen yang mengakibatkan pembengkakan mukosa hidung, kemudian produksi lendir yang kental mengakibatkan terjadinya sumbatan, yang mengganggu drainase dan menjadi infeksi.

Si penderita di anjurkan agar banyak tidur, istirahat yang cukup dan udara segar amat penting dalam perawatan masalah sinusitis ini. Penderita hendaknya menghindari penggunaan parfum dan minyak rambut beraroma kuat. Penderita harus memperbaiki diet yang salah dalam masa pencegahan ini. Penderita hendaknya mengambil diet yang seimbang.

Kebanyakan orang dengan masalah sinus juga mengalami penderitaan karena keasaman. Karena itu makanan mereka harus mengarah ke sisi basa. Asupan garam harus dikurangi menjadi minimum, karena garam menyebabkan akumulasi air dalam jaringan dan memaksa keluar kalsium dari tubuh. Ketika gangguan sinus sudah berkembang, sebaiknya penderita memperoleh vitamin A dalam dosis cukup. Vitamin juga terbukti bermanfaat dalam pengobatan sinusitis dan pendrita hendaknya mengkonsumsi sayuran serta vitamin ini setiap hari dalam dosis masing-masing 500g

Bila penderita mendapat obat, maka obat itu harus adekuat, cukup lama dan dengan dosis yang tepat. Bila tidak, penyakit ini tidak sembuh dalam waktu segera, walaupun sudah mendapatkan obat antibiotik yang adekuat. Hal ini karena timbul jaringan polypoid yang menghalangi drainase atau menyumbat drainase sinus sehingga memudahkan terjangkitnya kembali sinusitis yang pernah diidapnya.

Operasi untuk meniadakan penyakit ini sama sekali tidak menyakitkan. Penyumbatan hidung dilakukan hanya pada saluran pembuangan lendir sinus. Dengan demikian ada syarat-syarat tertentu agar anak bisa sembuh dan pembuangan lendir itu tetap terjaga keadaanya. Demikian pula di antara beberapa penyakit, anak berbahaya yang perlu mendapat penangan secara lebih hati-hati

Salah satu solusi yang paling efektif untuk masalah sinus adalah makanan rempah-rempah pedas seperti bawang putih dan bawang merah yang cenderung membongkar sumbatan, mukosa sepanjang saluran pernapasan. Hendaknya dimulai dengan dosis ringan dan meningkat secara bertahap.

Hasil yang bermanfaat juga dapat dicapai dengan menambahkan ramuan tersebut dalam jumlah sedang pada menu makanan sehari-hari. Jus wortel digunakan secara terpisah atau dicampur dengan air perasan bit dan mentimun atau dengan jus bayam sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit sinus. Proporsinya masing-masing adalah 100 ml jus bit dan mentimun atau 500 ml jus bayam di campur dengan 500 ml jus wortel.

0 Response to "Pengobatan Penyakit Sinus"

Posting Komentar