Penyakit Sinusitis

Sinusitis berasal dari kata sinus yang berarti rongga dan itis yang berarti radang. Jadi, sinusistis berarti adanya peradangan pada sinus yang terletak di samping kanan, kiri bawah, dan bagian atas rongga hidung. Sinus adalah rogga kosong dalam tulang tengkorak kepala kita pada daerah sekitar hidung ini berfungsi untuk mengalirkan lendir ke rongga hidung.

Dalam keadaan normal aliran lendir kedalam rongga hidung tidak menimbulkan rasa apapun. Akan tetapi, apda beberapa gangguan tertentu , rongga-rongga ini bisa tersumbatsehingga cairan tidak bisa keluar atau mengalir ke rongga hidung. Hal ini menyebabkan terkumpulnya lendir di rongga diantaranya dipipi dan di dahi.

Penyakit Sinusitis

Sinusitis bisa terjadi pada salah satu keempat sinus yang ada yaitu sinus maksilaris yang terletak di bagian samping kanan dan kiri hidung, sinus frontalis yang terletak di dahi bagian depan antara kedua mata, sinus etnoidalis dan sfenoidalis terletak agak ke belakang, Sinusitis ini bersifat akut (berlangsung selama tiga minggu atau kurang) maupun kronis yang berlangsung selama 3-8 minggu dan dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Gejala sinusitis ini biasanya di tandai dengan batuk, hidung seperti tersumbat , pilek bernanah dan berlendir berwarna kunign kehijauan, berbau tidak sedap serta rongga hidung memerah.

Infeksi yang terus menerus terjadi akan membuat rongga hidung membuat rongga hidung menyempit seperti tertutup, sehingga penderita sulit mengeluarkan ingus. Akibatnya muncul rasa sakit yang menusuk dari dalam sampai bagian atas gigi dan tentu saja sangat menyiksa.

Penyakit sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi, baik infeksi virus maupun infeksi maupun alergi menyebabkan cairan pada sinus tidak dapat dialirkan secara baik sehingga bakteri dan virus tumbuh dan berkembang dalam sinus. Akibatnya terjadilah sinusitis dengan berbagai gejalanya.

0 Response to "Penyakit Sinusitis"

Posting Komentar