Penyebab Sinusitis

Apabila infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas sering kambuh dan tidak segera diobati secara tuntas menyebabkan sinusitis akut. Didalam tubuh manusia terdapat bebrapa jenis bakteri yang dalam keadaan normal tidak menimbulkan penyakit.

Penyebab Sinusitis

Tetapi jika sistem pertahanan tubuh menurun atau drainase dari sinus tersumbat akibat pilek atau infeksi virus lainnya, maka bakteri yang sebelumnya tidak berbahaya akan berkembang biak dan menyusup kedalam sinus, sehingga terjadilah infeksi sinusitis akut.

Kadang infeksi jamur juga bisa menyebabkan sinusitis akut. Sinusitis akut lebih sering terjadi pada penderita gangguan sistem kekebalan tubuh dan penderita kelainan sekresi lendir, misalnya fibrosisi kistik. Sedangkan penyebab sinusitis kronis adalah asma dan penyakit alergi.

Sinusitis juga dapat menyerang perokok. Asap rokok dapat merangsang organ disekitar hidung. Hal ini menyebabkan terjadinya iritasi sehingga presentasi kemungkinan timbulnya sinusitis lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Penderita alergi dan pilek yang berlangsung lama mudah terkena sinusitis.

Peradangan didalam tenggorokan dan hidung dapat disebabkan oleh perubahan mendadak pada temperatur dan kelembaban udara. Tentu saja peradangan ini dapat merambat ke dalam sinus. Orang dengan kelainan bentuk penyekat rongga hidung, penderita asma, penderita influenza, penderita infeksi pada gigi, pada orang-orang yang tinggal di udara kering, sangat rentan terhadap serangan sinusitis.

Untuk mencegahnya, hindari stres dan depresi karena akan menurunkan daya tahan tubuh. Meredakan stres bisa dilaukan dengan berolahraga secara teratur. Istirahat yang cukup agar tubuh tidak kelelahan. Perbaiki pola makan yang buruk dengan memperhatikan gizi dan nutrisinya, sehingga daya tahan tubuh cepat meningkat. Konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar.

Hindarilah minuman dingin dan beralkohol serta makanan yang mengandung zat pengawet dan pewarna berbahaya. Gunakan air hangat untuk mengompres bagian sinus hidung. Tindakan operasi pada sinus hidung adalah upaya pengobatan yang terakhir setelah terapi lainnya mengalami kegagalan.
Informasi Kesehatan >> Obat Penurun Berat Badan

1 Response to "Penyebab Sinusitis"